Senin, 30 Mei 2011

RoadShow Literasi Media Tim PKMM Media Literasi

Hasil Uji coba game edukasi yang telah kami berikan kepada 2 sekolah binaan tim PKMM Media Literasi Psikologi Undip, terdapat pengaruh penggunaan game edukasi (ular tangga, Puzzle TVQ, Sosiodrama) terhadap pemahaman, sikap dan perilaku anak terhadap media. Hasil pre-post test yang mengungkap seberapa anak melek media menunjukan kemajuan yang sangat besar, dari pre test terdapat 36% anak yang melek media meningkat menjadi 58% anak makin melek media pada post-test. Untuk melihat kemajuan perkembangan anak di rumah, maka kami berikan kesempatan orang tua untuk memonitoring anaknya dengan menggunakan check-list. Berikut hasil monitoring orang tua/wali siswa:

a. Anak mampu menyebutkan dan menjelaskan tentang jenis-jenis media. Menurut hasil monitoring yang telah dilakukan orangtua siswa, rata-rata siswa mampu menyebutkan 5 s/d 10 jenis media. 

b. Anak dapat menggolongkan jenis media yang baik dan buruk dengan persentasi 81% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan. 

c. Anak dapat memilih media yang baik dengan persentasi 96% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan. 

d. Anak mampu menjelaskan aktifitas lain yang lebih bermanfaat daripada mengonsumsi media dengan persentasi 72% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan. 

e. Anak dapat mengutarakan pendapat untuk memilih aktifitas selain mengonsumsi media dengan persentasi 81% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan. 

f. Anak mampu menjelaskan alasan memilih aktifitas yang lebih bermanfaat daripada mengonsumsi media secara berlebihan dengan persentasi 64% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan. 

g. Anak dapat menunjukan perilaku yang lebih bermanfaat selain mengonsumsi media dengan persentasi 90% dari jumlah siswa di SD binaan yang telah diberikan perlakuan.

Hasil yang membanggakan ini membuat tim PKMM media literasi ingin melakukan pengabdian yang lebih luas dalam bentuk roadshow yang bekerjasama dengan sekolah. Oleh karena itu, kami bersedia bila ada sekolah yang berminat dengan roadshow yang kami tawarkan. Keterangan lebih lanjut silahkan hubungi kami melalui email: melekmedia.gmm@gmail.com, atau CP: faiz: 085727114300, yekti: 085642297749. terimakasih...

1 komentar:

  1. nice program...

    kunjungi blog ESKRIBO juga,yaa...
    www.eskribo.blogspot.com

    BalasHapus