Senin, 23 Mei 2011

Generasi Melek Media

Seiring berkembangnya zaman, media sangat dibutuhkan oleh banyak individu dari berbagai kalangan, baik kalangan industri sampai pada kalangan akademisi. Media sangat membantu individu dalam berbagai hal, sehingga tidak jarang menjadikan individu tergantung pada media. Penggunaan yang berlebihan berdampak pula pada kehidupan seseorang. Namun, individu juga dapat memberikan kontrol terhadap media. Antusiasme pengguna media yang kurang terhadap media tertentu akan mempengaruhi keberlangsungan media tersebut, sehingga keduanya saling memberikan pengaruh dan individu-lah yang seharusnya memegang kontrol terhadap media.

Media memberi pengaruh pada penggunanya dan anak-anak-lah yang termasuk pengguna yang paling rawan terhadap dampak gempuran media. Media tidak hanya memberikan pengaruh bagi anak, anak juga dapat meniru apapun yang terkandung dalam media, baik yang positif maupun negatif. Pengkonsumsiannya yang berlebih dan muatan media seperti telivisi dan video game yang tidak sesuai dengan tingkat kebutuhan anak dapat mempengaruhi bahkan merusak perkembangan perilakunya. Oleh karena itu, untuk mengatasi dampak buruk dari media, diperlukan adanya pendidikan media bagi anak.

Blog ini hanyalah salah satu sarana sebagai pendidikan media untuk anak. Tujuan dari dibuatnya blog ini adalah untuk membentuk genari melek media. Kami, Tim Media Literasi Psikologi Undip, telah membuat beberapa program melek media untuk anak. Salah satu program yang telah kami lakukan adalah pembuatan alat permainan edukasi untuk anak-anak agar mereka melek media. Dari hasil uji coba dibeberapa sekolah menunjukan bahwa APE yang telah kami berikan memberikan pengaruh pada anak terhadap penggunaan media. Blog ini adalah sarana publikasi kegiatan-kegiatan kami serta pemberian informasi mengenai perkembangan literasi media.

Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi masyarakat penggunanya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi email kami: melekmedia.gmm@gmail.com, atau bisa langsung datang ke kampus psikologi Undip semarang. Terimakasih sudah bersedia mampir dihalaman ini, kritik dan saran kami tunggu untuk mengembangkan program-program kami... Thanks...

-Tim Media Literasi-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar